Tips Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Tersambung, Tips Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Tersambung

Tips Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Tersambung

NGAWI DIAN – Cara Mengatasi Wifi Android Yang Tidak Bisa Konek (Terhubung), Wifi merupakan sebuah layanan gratis yang disediakan oleh seseorang agar orang lain bisa mengakses Internet secara gratis. Di era modern sekarang ini tak sulit untuk menemukan tempat – tempat yang menyediakan Wifi, bisa di kantor, café, sekolahan, rumah makan, atau bahkan warung kopi terkadang juga menyediakan Wifi. Jikapun tidak mendapatkan layanan Wifi gratis, anda bisa minta teman anda untuk mengaktifkan fitur hotspot di smartphone miliknya.

Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Konek

Baca : 
  • Cara Mudah Membuat Wifi Hotspot di Android
  • 4 Tips Cara Meningkatkan Sinyal Wifi di Android

Disaat asyiknya menikmati layanan Wifi gratis, terkadang kita juga pernah mengalami masalah seperti wifi yang tidak bisa konek, Wifi yang tiba – tiba putus, Wifi konek tapi tidak bisa akses internet, serta masalah – masalah lainnya. Hal semacam itu tentu saja membuat hati kita merasa sedih, galau, dan bingung. 
Ada beberapa faktor yang bisa menjadi alasan kenapa Wifi tidak bisa konek?. Pertama, mungkin saja jarak antara router dengan smartphone anda terlalu jauh, sehingga saat anda sambungkan ternyata gagal. Faktor kedua, masalah cache memori android yang menumpuk berminggu – mingggu bahkan berbulan – bulan tidak pernah dihapus. Hal semacam itu tentu saja membuat Wifi tidak bisa konek sama sekali. Berikut beberapa solusi dalam mengatasi Wifi yang tidak bisa konek.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Akses Internet

Sebelumnya anda harus memperhatikan Wifi (Hotspot) siapa yang sedang anda gunakan? hotspot milik orang lain (Mobile Phone) atau hotspot publik (Modem router). Selanjutnya cobalah untuk menggunakan atau melihat smartphone lain, apakah smartphone tersebut bisa konek atau tidak. Jika smartphone orang lain bisa konek tetapi miliki anda tidak bisa konek, berarti permasalahan ada smartphone miliki anda. Berikut solusinya…
  1. Atur Tanggal dan Waktu. Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu melihat Tanggal dan Waktu. Jika tanggal dan waktu sesuai dengan hari ini maka anda tidak perlu mengaturnya, tetapi jika tanggal dan waktu tidak sesuai dengan hari ini maka anda perlu mengaturnya.  Anda tidak dapat mengakses internet apabila tanggal dan waktu tidak sesuai dengan saat ini.
  2. Wifi Android Tidak Bisa Menyala. Jika wifi tidak menyala biasanya tidak terdapat icon wifi pada bagian Notifikasi Bar. Untuk mengatasinya anda bisa menghapus cache pada memori android. Gunakan aplikasi Clean Master, CCleaner, atau semacamnya untuk membersihkannya. Setelah berhasil membersihkan cache memori, matikan smartphone kemudian lepas baterai, SIM Card, dan Memori eksternal. Diamkan selama 20 detik agar hardware smartphone tidak menerima daya dari baterai. Setelah 20 detik, pasang kembali baterai, SIM Card, dan memori eksternal. Cobalah nyalakan dan sambungkan kembali ke Wifi.

    Baca : 6 Aplikasi Cleaner Untuk Android Terbaik Dan Terpopuler
  3. Lupa Jaringan (Forgot Network). Lupa jaringan dimaksudkan untuk menghilangkan daftar jaringan Wifi  pada smartphone android anda. Caranya cukup mudah, masuk pada menu Setting » WiFi » Aktifkan Wifi » tekan nama hotspot selama 2 detik kemudian pilih Forgot Network, (Lakukan hal yang sama pada semua daftar nama hotspot). Jika semua daftar hotspot sudah terhapus, Restart smartphone anda kemudian cobalah sambungkan kembali.
  4. Matikan Anti Virus. Anti Virus memang sangat berguna dalam menjaga smartphone dari kejahatan virus yang mengancam baik secara offline ataupun online. Tetapi terkadang, Anti Virus bisa saja melakukan Block pada layanan hotspot yang bersifat publik. Untuk itu sebaiknya anda matikan saja Anti Virus saat sedang menggunakan Wifi.
  5. Perbaiki Dengan Aplikasi Wifi Fixer. Wifi Fixer merupakan aplikasi android gratis yang dapat digunakan untuk menganalisis jaringan Wifi, kemudian memperbaiki jaringan Wifi yang lemah menjadi lebih kuat agar dapat digunakan untuk mengakses Internet. Unduh Aplikasi Wifi Fixer melalui Google Play Store secara gratis.

    Download Wifi Fixer via Google Play

Baca Juga : 
  • Tips Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Tersambung Ke Internet
  • Cara Setting Ponsel Android Menjadi Modem Laptop atau PC
  • Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis
Itulah ulasan mengenai Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Tersambung, semoga bisa bermanfaat bagi semua pengguna android. Apabila ada pertanyaan mengenai artikel diatas silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585