Menjadi karyawan, apalagi karyawan swasta bagi beberapa individu sudah merupakan capaian hidup yang memuaskan. Mempunyai gaji tetap, uang tunjangan, tambahan ketika lembur, dan tentunya THR (Tunjangan Hari Raya ) pada saat hari raya adalah beberapa hal yang didapat oleh seorang karyawan. Namun untuk beberapa tipe orang, hanya menjadi karyawan saja akan membuat hidup stagnan  dan jalan ditempat. Pendapatan yang diperoleh selalu sama setiap bulannya tanpa ada peningkatan. Untuk golongan yang ingin keluar dari zona nyaman seorang karyawan swasta inilah akhirnya memutuskan untuk membuka usaha atau menjadi wirausahawan. Dengan pendapatan yang tidak seberapa pastinya karyawan swasta yang ingin merubah nasib ini memerlukan suntikan dana segar yang cukup banyak.

yf1ujv1ij8lztvz99ovy

5 Sumber Modal Pinjaman untuk Karyawan Swasta

Jika Anda mau mencari sebenarnya ada banyak sekali sumber modal untuk membantu mengembangkan usaha yang Anda tekuni. 5 sumber modal pinjaman untuk karyawan swasta ini dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin merintis usaha. Apa saja kelima sumber modal tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Teman

Sebagai mahluk sosial sudah barang tentu bahwa manusia membutuhkan manusia lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Teman adalah orang yang tidak mempunyai ikatan darah namun terkadang kedekatan dan tolong menolongnya melebihi orang yang katanya saudara seikatan darah. Mempunyai banyak teman akan banyak memberikan keuntungan, salah satunya dalam hal pemenuhan modal. Teman dengan banyak latar belakang ekonomi dan pekerjaan bahkan dapat Anda jadikan rekan untuk bisnis baru yang akan Anda garap. Meminjam uang kepada teman untuk modal usaha adalah bukan tanpa resiko. Meskipun resiko yang akan ditanggung tidak sampe sita menyita aset harta benda yang dimiliki namun lebih dari itu resikonya adalah pertemanan atau persahabatan itu sendiri. Terkadang karena sudah terlalu dekat dan lama berteman orang menjadi tidak sungkan lagi dan terkesan kaya sama siapa aja. Inilah yang kemudian menjadi berbahaya pada saat meminjam uang, terbiasa seenaknya maka telat mengembalikan dan terus menerus berulang sehingga meretakan hubungan pertemanan yang selama ini terjalin.

      2. Keluarga

Tempat ternyaman untuk pulang dan berkeluh kesah adalah keluarga. Sebagai karyawan swasta sudah barang tentu Anda akan menemukan situasi dimana Anda akan sering dimarahi oeh atasan, lelah karena lembur dan belum lagi jika diputus kontraknya sewaktu-waktu. Inilah hal pahit yang dialami oleh karyawan swasta yang sejenak hilang pada saat berkumpul bersama keluarga. Selain menjadi tempat yang nyaman untuk mengadu, keluarga juga dapat dijadikan alternatif tempat mencari modal pinjaman. Anda dapat meinjam kepada ayah, ibu, adik, kakak sepupu, tante, atau siapa saja dalam keluarga yang mau meminjamkan uangnya untuk Anda. Meminjam uang kepada keluarga sendiri tentunya akan bebas dari bunga serta terlepas dari terror dept collector. Satu hal yang patut diperhatikan adalah Anda tetap harus komitmen untuk mengembalikan uang yang dipinjam tepat waktu sesuai dengan perjanjian. Meskipun meminjam uangnya kesesama keluarga, namun Anda harus dapat menunjukan kesungguhan dan janji untuk mengembalikan sebelum jatuh tempo. Kejujuran akan banyak mengantarkan Anda kepada banyak kebaikan.

     3. Lembaga Pegadaian

Jika Anda mempunyai banyak benda elektronik maupun kendaraan yang masih layak pakai namun jarang digunakan maka titipkan saja ke lembaga pegadaian. Lembaga pegadaian dapat menjadi solusi lain mendapatkan dana atau modal pinjaman untuk karyawan swasta.  Anda hanya perlu menitipkan aset berharga yang dimiliki untuk dijadikan jaminan. Besaran uang yang didapat bergantung kepada jenis aset apa yang Anda gadaikan. Semakin bernilai seperti emas misalnya maka uang yang didapat akan semakin banyak. Jika Anda tidak memiliki emas, maka barang eletronik seperti radio, televisi, handphone, mesin cuci, hingga kulkas dapat Anda gadaikan. Kendaraan seperti sepeda juga dapat menjadi obyek pegadaian. Salah satu kelebihan pegadaian adalah konsumen dapat membawa pulang kembali aset yang digadaikan dengan jalan menebusnya pada saat telah mempunyai cukup uang. Akses lembaga pegadaian juga sekarang ini cukup mudah mengingat telah banyak didirikan kantor lembaga pegadaian diberbagai titik vital masyarakat seperti pasar maupun dekat terminal.

     4. Crowdfunding

Merupakan usaha penggalangan modal dengan jalan menjaring investor lewat dunia maya. Individu yang hendak merintis usaha sbelumnya menjelaskan terlebih dahulu visi misi usahanya kemudian disebarkan untuk dilihat oleh netizen. Netizen yang tertartik akan menanamkan uangnya dan sebagai gantinya netizen tersebut mendapatkan reward sesuai dengan yang disepakati bersama. Cara seperti ini telah lazim digunakan di Eropa dan Amerika namun baru booming di Indonesia akhir-akhir ini. Dalam membentuk crowdfunding produk atau usaha yang ditawarkan harus benar-benar terkonsep dengan matang dan mempunyai daya tarik tersendiri. Jika produk atau usaha yang ditawarkan tidak mempunyai konsep yang jelas dan cenderung asal jadi saja maka dapat dipastikan tidak akan ada investor yang mendekat. Apabila Anda malas untuk melakukan crowdfunding Anda dapat mencoba cara tradisional dalam mencari dana pinjaman. Mencari dana pinjaman pribadi dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa harus mengurus administrasi yang memakan waktu lama.

   5.  Lembaga Peminjan Dana

Begitu banyaknya lembaga peminjam dana yang ada tentunya membuat Anda pusing dan bingung. Banyaknya lembaga peminjam dana sekarang ini merupakan salah satu bentuk kemudahan dalam mendapatkan dana segar. Namun sebagai nasabah Anda harus jeli dalam memilih lembaga peminjam dana. Meskipun semua menawarkan uang dalam waktu yang relatif singkat namun harus diketahui sistem bayar beserta bunga yang dikenakan dari tiap lembaga peminjam dana. Cermat dan kritis dalam memilih lembaga peminjam dana akan membuat Anda mendapatkan lembaga peminjam dana yang sesuai dan tidak memberatkan tentunya. Beberapa lembaga peminjam dana menawarkan pinjaman uang cepat dengan proses yang cepat dan mudah bahkan tidak sampai memakan waktu 1×24 jam uang sudah cair dan dapat dibawa pulang.

Itulah 5 sumber modal pinjaman untuk karyawan swasta yang hendak keluar dari zona nyaman dengan jalan berwirausaha. Modal memang masih menjadi permasalahan klasik bagi individu yang ingin untuk memulai berwirausaha. Kemajuan zaman beserta teknologi telah banyak melahirkan sesuatu yang sangat memudahkan kerja manusia. Dewasa ini Anda dapat mendapatkan dana hanya bermodal gadget atau ponsel pintar saja. Dengan segala kemudahan yang ada hendaknya memecut semangat kerja keras dan rasa haus akan inovasi. Tetap menjadi karyawan swasta adalah sebuah pilihan, menjadi seseorang yang lebih maju dan berkembang adalah pilihan tepat bagi mereka yang mempunyai mimpi dan cita yang tinggi. Berani melangkah dari nyamanya zona yang Anda tinggali sekarang dapat menjadi tonggak baru dalam hidup Anda. Hidup sejatinya adalah keras dan hanya orang-orang dengan kuat dan berani melangkahlah yang dapat menaklukan hidup ini.  Semoga apa yang telah disampaikan diatas dapat menjadi sumber inspirasi yang bermanfaat untuk Anda. Jadi mau tetap jadi karyawan swasta atau keluar dari zona nyaman, itu adalah pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585