Pertama di Dunia! Epson Ciptakan Mesin Pengubah Limbah Kertas menjadi Kertas Baru, Pertama di Dunia! Epson Ciptakan Mesin Pengubah Limbah Kertas menjadi Kertas Baru

Pertama di Dunia! Epson Ciptakan Mesin Pengubah Limbah Kertas menjadi Kertas Baru

Hingga era digital saat ini, penggunaan kertas masih memiliki andil yang besar bagi sebagian kalangan, khususnya unit perkantoran. Saat ini proses daur ulang kertas melibatkan proses yang panjang. Limbah kertas dibawa ke lokasi daur ulang, kemudian dikelola dengan sumber daya tambahan seperti air dalam jumlah besar untuk meleburkannya.
Tentu saja kerja ini kurang efisien. Tetapi perusahaan printer Epson menyebutkan mereka telah memiliki solusi untuk pengelolaan daur ulang kertas yang bisa dilakukan secara independen. Hanya membutuhkan ruang kecil, sejumlah kecil air, dan limbah kertas.
Epson PaperLab berukuran 2,6 x 1,2 x 1,8 m sehingga akan mudah meletakan mesin ini dimana saja, khususnya untuk penggunaan kantor.
PaperLab mengkonversi sejumlah limbah kertas dan kembali memproduksinya menjadi lembaran kertas batu. Dalam satu menit proses daur ulang, dapat dihasilkan 14 lembar kertas A4 atau 6.720 lembar setiap 8 jam.
Daur ulang konvensional membutuhkan bahan kimia, tetapi Epson mengklaim bahwa PaperLab lebih ramah lingkungan. Dengan pendekatan Fiber Technology, sampah kertas dipecah menjadi serta tipis melalui tekanan mekanis tanpa bantuan air.
Pihak Epson mengatakan bahwa tidak diperlukan instalasi pipa sehingga instalasi menjadi lebih mudah. Sejumlah air memang tetap dibutuhkan dengan tujuan menjaga kelembapan dalam mesin.

PaperLab segera diproduksi tahun ini dan akan menjadi produk komersial di Jepang. Sementara stoknya di wilayah lain akan ditentukan nanti.
Sumber: Epson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585