Mari kita awali pembahasan ini dengan sebuah pertanyaan, “Mengapa anak-anak lebih mudah terserang penyakit?” Faktor utama yang menjadi penyebab anak-anak sering sakit adalah daya tahan tubuh mereka yang masih rendah. Tentu tidak ada satu orang tua pun yang mau melihat anaknya sakit terlebih jika sang anak telah duduk di bangku sekolah.

Orang tua pun bisa melakukan upaya untuk memastikan agar kesehatan anak selalu terjaga seperti memperhatikan asupan gizinya dan kebersihan lingkungan. Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui sejumlah gangguan kesehatan anak yang sering terjadi agar orang tua dapat membantu anak untuk menghindari penyakit tersebut sebaik mungkin.

  1. Diare

anak-diare-131101b

Masalah kesehatan pertama yang sering sekali dialami oleh anak-anak adalah diare. Hal ini umumnya disebabkan oleh makanan yang mengandung kuman. Makanan yang berkuman dapat terjangkit karena tangan yang digunakan untuk makan tidak dicuci terlebih dahulu. Kuman-kuman itu selanjutnya masuk ke sistem pencernaan anak dan mengganggunya.

  1. Demam

Demam sebenarnya tidak bisa digolongkan sebagai sebuah penyaki melainkan gejala dari suatu penyakit. Demam bisa menjadi pertanda untuk sejumlah kondisi seperti radang tenggorokan, diare, infeksi dan lain sebagainya. Orang tua jelas harus mengetahui betul apa penyakit yang sebenarnya diderita anak agar dapat mengobatinya dengan tepat.

  1. Batuk

Batuk bisa terjadi pada anak Anda karena hal-hal umum. Namun, batuk yang berkelanjutan dapat diartikan sebagai gejala akan suatu penyakit seperti gangguan saluran nafas, radang tenggorokan, kelainan paru-paru, dan lain sebagainya. Orang tua tentu harus mengambil tindakan cepat dan tepat untuk meredakan batuk anak.

  1. Pilek

Pilek atau flu umumnya menyerang anak disertai dengan kondisi lainya seperti demam ringan, batuk, sakit tenggorokan atau bahkan diare. Hal ini sebenarnya bukanlah keadaan yang serius. Orang tua bisa membantu penyembuhannya dengan cara memberi makanan bergizi dan cukup serat, memberinya waktu beristirahat dan memberi banyak cairan.

  1. Masalah Kulit

Masalah kulit seperti kudis, impetigo, atau infeksi jamur lainnya ternyata juga rentan menyerang anak-anak. Masalah pada kulit ini biasanya disebabkan oleh faktor kebersihan. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan lingkungan yang bersih dan sehat serta mengedukasi anak tentang pentingnya kebersihan.

Dengan mengetahui beberapa gangguan kesehatan anak yang sering terjadi di atas, orang tua diharapkan mampu untuk membantu anak dalam mencegah penyakit-penyakit tersebut. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan Anda dan semoga ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585