Segala aspek kehidupan sudah semakin berkembang dan perkembangan interior pun tidak luput dari sasaran. Dulunya, kita mungkin hanya mengenal kursi. Lalu muncullah sofa dan kemudian diciptakan lagi yang biasa disebut dengan sofa bed. Berbeda dengan sofa biasa, sofa bed ini khususnya sofa bed minimalis terbaru masih tidak terlalu familiar bagi semua orang.

sofa bed minimalis

Secara sederhana, sofa bed merupakan sofa yang multifungsi yakni bisa dijadikan sebagai tempat duduk, bisa pula dijadikan sebagai tempat tidur. Sofa bed ini banyak dipilih oleh mereka yang mempunyai konsep rumah minimalis. Anda yang berminat untuk memiliki sofa bed sebaiknya menerapkan beberapa tips di bawah ini sebelum membelinya.

  1. Ketahui Tipe-Tipe Sofa Bed

Sofa bed memang umumnya memiliki konsep yang sama namun pengoperasiannya cenderung berbeda. Hal ini juga tergantung dari merek sofa bed tersebut. Jenis sofa bed yang umum pertama adalah tipe kaki penopang. Tipe ini dioperasikan dengan cara membuka lipatan bantalan sampai terletak tepat di atas kaki sofa bed. Bantalan ini berfungsi sebagai matras.

Selain itu, ada pula tipe geser yang tidak kalah laris di pasaran. Pengoperasiannya pun tergolong lebih mudah yaitu Anda hanya perlu menurunkan sandaran sofa bed. Tipe rangka simpan, tipe L dan tipe otomatis juga tak kalah digemari.

2.  Pertimbangkan Ukuran Sofa Bed

Karena fungsinya yang multi, sofa bed mempunyai ukuran yang lebih besar daripada sofa biasa. Namun, Anda sebenarnya telah melakukan penghematan space dengan membeli sofa bed ini. Apapun pertimbangannya, Anda tetap harus memperhatikan ukuran sofa bed setelah lipatannya dibuka. Jangan sampai ruangan Anda terlalu kecil untuk sebuah sofa bed.

3.  Cek Bagian-Bagian Tertentu untuk Melihat Ketahanan Produk

Sofa bed diproduksi dan dipasarkan oleh beberapa brand. Satu merek dengan merek lainnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini wajar asalkan Anda tidak lupa mengecek bagian-bagian penting seperti dudukan, sandaran, sandaran lengan, kaki sofa, serta rangka matras.

4.  Pilih Warna yang Serasi dengan Ruangan Anda

Warna terkesan hal sepele namun salah pilih warna dapat merusak tampilan rumah Anda. Warna sofa bed sebenarnya tidak harus selalu sama dengan cat dinding. Minimal Anda harus bisa menemukan konsep yang membuat ruangan tampak matching.

5. Pertimbangkan Matras Sofa Bed

Perlu Anda ketahui bahwa matras yang digunakan pada sofa bed tidak sama padatnya dengan matras konvensional. Sebaiknya Anda mengenali lebih lanjut mengenai matras sofa bed yang antara lain seperti matras innerspring, matras memory foam, dan matras udara.

Sofa bed ini bisa Anda letakkan di ruangan keluarga sembari menonon televisi. Sedangkan untuk ruang tamu, Anda cukup menggunakan kursi tamu minimalis saja yang sudah dijual dalam banyak sekali varian. So, Anda tertarik membeli sofa bed minimalis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585