Jangan Berolahraga Diatas Jam 9 Malam, Jangan Berolahraga Diatas Jam 9 Malam

Jangan Berolahraga Diatas Jam 9 Malam

Jangan Berolahraga Diatas Jam 9 Malam-Setiap orang ingin berolahraga bertujuan untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain untuk mendapatkani diet sehat, sebaiknya lakukanlah olahraga teratur. Olahraga adalah kunci untuk menjaga tubuh Anda sehat dan kuat. Namun, karena sibuk, banyak dari kita yang berolahraga di malam hari. Bahkan, olahraga di malam hari tidak benar-benar direkomendasikan. Mengapa tidak dianjurkan untuk olahraga malam? Jawabannya sederhana, karena akan meningkatkan risiko cedera.
Dokter Sapto Adji Hardjosworo, spesialis ortopedi dari Rumah Sakit Premier Bintaro mengatakan, malam waktu tubuh untuk beristirahat dan ritme fisik telah terbiasa dengan waktu istirahat. Olahraga di malam hari meningkatkan risiko cedera. Menurut dia, olahraga tidak harus dilakukan lebih dari jam 9 malam.
Jangan Berolahraga Diatas Jam 9 Malam
Tentu saja, manusia memiliki ritme biologis yang disebut ritme sirkadian. Ritme tersebut dipengaruhi oleh melatonin, yang juga disebut dengan hormon tidur. Jika hari semakin gelap, maka akan meningkatkan produksi hormon, sehingga menyebabkan mengantuk.
Olahraga di malam hari akan membuat tubuh bekerja lebih keras, karena yang pada malam hari untuk beristirahat atau tidur. Dengan kata lain, olahraga di malam hari membuat tubuh terpaksa melakukan metabolisme yang seharusnya tidak dilakukan.
Selain risiko tinggi cedera, efek olahraga yang dilakukan lebih dari jam 9 malam akan membuat kualitas tidur terganggu sehingga membuat tidur menjadi tisak nyenyak. Hal ini karena selama olahraga, tubuh membutuhkan waktu untuk membuat denyut jantung kembali normal.
Baca Juga: 4 Hal Yang Membuat Anda Tidur Pulas
Menurut dokter Sapto, olahraga, malam setelah aktivitas umum akan disertai dengan tidur gelisah, mimpi buruk, tidur tapi seperti bangun, dan bangun tidak dengan perasaan segar. Oleh karena itu, selama ada waktu untuk dilakukan pada malam hari, olahraga sebaiknya harus dilakukan dua jam sebelum tidur.
Olahraga memang baik tetapi perhatikanlah waktunya, lebih baik dilakukan pada waktu subuh setelah sholat subuh. Dan tak perlu lama-lama lakukanlah 10-20 menit maka membuat tubuh segar dan bugar dan siap untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585