Dalam pemilihan aki motor, tentu saja tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena aki yang digunakan untuk motor mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah kinerja mesin kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Jika kualitas dari aki tersebut jelek, maka akan membuat adanya kendala tertentu pada motor Anda. dan lebih khususnya untuk starter motor yang jenis matic. Dan sat membeli aki motor, harus diperhatikan harga aki motor tersebut.

Aki-Motor-Yuasa_MF

Sekarang ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Dan juga sudah mempengaruhi penggunaan aki pada komponen Elektrikal motor secara modern. Tapi, tetap saja aki akan mempunyai usia atau masa pakai tertentu serta daya tahannya. Akan tiba saatnya aki motor Anda tidak bisa berfungsi secara maksimal lagi atau bahkan sampai benar-benar soak, sehingga butuh penggantian aki yang baru. Anda sekarang sudah bisa membeli aki secara online melalui situs belanja online.

Dalam pemilihan aki, Anda juga harus memilih aki motor yang sudah jelas kualitasnya serta tahan lama. Agar tidak mudah rusak serta habis saat digunakan untuk kendaraan motor Anda. jika Anda sembarangan dalam memilihnya, bisa jadi akan menemukan aki yang tidak bagus kualitasnya dan akibatnya harus sering mengganti. Jadi, pengeluaran biaya perawatan mesin motornya akan bertambah banyak.

Ada dua macam tipe aki, yaitu aki basah dan aki kering. Untuk aki yang jenis kering lebih praktis penggunaannya, karena bisa dengan perawatan minim. Tapi, untuk aki yang jenis basah juga mempunyai kelebihan, yaitu masa pemakaiannya lebih awet atau tahan lama. Asalkan juga dengan melakukan perawatan secara rutin pada aki tersebut serta rajin mengecek air yang ada dalam aki tersebut.

Ada beberapa perbedaan harga aki motor untuk setiap jenis dan kualitasnya. Diantaranya adalah:

  • Aki yang dijual dengan harga 140 ribu rupiah yaitu aki basah yang bentuknya kecil. Sedangkan aki basah yang ukurannya lebih besar dijual dengan harga 215 ribu rupiah.
  • Aki yang mempunyai spesifikasi 12V-3.5 Ampere biasanya dijual dengan harga 120 ribu rupiah.
  • Aki yang mempunyai spesifikasi 12 volt-ampere biasanya akan dijual dengan harga yang lebih murah, yaitu 100 ribu rupiah.
  • Ada jenis aki kering yang sudah menggunakan bahan kimia yang bentuknya gel serta dapat menghasilkan suplay listrik yang tinggi dan konstan. Dan aki ini sangat lama masa pemakaiannya. Yaitu mencapai 2-3 tahun. Harga dari aki ini adalah 200 ribu rupiah.

Dalam pemilihan aki yang digunakan untuk kendaraan baik itu mobil ataupun motor, Anda bisa memilih sesuai dengan jenis motor Anda. karena biasanya untuk motor yang masih gigi an akan berbeda dalam membutuhkan aki dengan motor yang berjenis matic. Juga akan berbeda pula dengan motor yang jenisnya bebek. Maka dari itu, lebih diperhatikan lagi kualitas aki-nya. Apakah sesuai dengan motor Anda atau tidak. Agar mesin motor Anda bisa berfungsi secara maksimal.

Itulah beberapa perbedaan harga aki motor yang mempunyai kualitas spesifikasi yang berbeda-beda. Tentu saja harga yang lebih murah biasanya masa pemakaiannya juga tidak terlalu lama. Anda bisa membelinya di situs jual beli online terpercaya agar mendapatkan barang yang terjamin kualitasnya. Dan harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah seiring dengan perkembangan kualitasnya. Karena setiap jenis atau merek pasti akan mempunyai perbedaan spesifikasi sesuai dengan perkembangan teknologi yang selalu berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585