Menilik Jawa Tengah, pastilah kita akan sangat akrab dengan batik Soloyang memang sudah mendunia. Kiprahnya dalam dunia industry kreatif di Jawa Tengah memang telah terkenal hingga mancanegara dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang harus dilestarikan. Selain itu banyak tempat tempat menarik dan unik di Jawa Tengah yang akan membuat anda semakin mengenal budaya Jawa yang kental dan mendarah daging. Banyak keraton yang ada di Jawa Tengah dan menjadi objek wisata terpopuler di dunia. Selain itu bangunan lainnya juga tak kalah penting menjadi tempat wisata Jawa Tegah yang akan sangat saying jika dilewatkan. Oleh karena itu, berikut ini akan diberikan ulasan singkat mengenai tempat wisata Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi saat liburan nanti.

Kota Lama

SONY DSC

Bekas penjajahan yang tertinggal dan terawat memang akhirnya menjadi kakayaan alam tersendiri di Indonesia. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Kota Lama di Semarang yang sering juga disebut sebagai Little Netherland. Berjalan jalan di kota ini anda pasti akan seolah berada di Negara Belanda karena beberapa bangunannya memang sangat kental akan ciri eropa. Salah satu yag menjadi ikon kota ini adalah Gereja Blenduk yang memang akan terlihat sangat Netherland di mata siapaun yang melihatnya. Dengan bangunan putih yang menjulang tinggi dan kubah coklat besar yang di desain bergaya eropa, maka gereja ini sukses menjadi salah satu bangunan bersejarah yang menjadi saksi rekam jejak bangsa Belanda saat menjajah Indonesia berates tahun silam.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Jika biasannya kita familier dengan Keraton Yogya, maka tidak ada salahnya jika kita mengunjungi saudara sedarahnya di Solo yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga merupakan salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan. Bangunan ini didirikan oleh Sultan Paku Buwono II pada tahun 1744. Hingga kini, banguanan bersejarah ini menyimpan banyak peninggalan bersejarah penting jawa Tengah yang memang sengaja di tempatkan di sebuah museum dalam Keraton ini. Jika berkunjunng ke Keraton, maka ada baiknya anda mematuhi peraturan yang berlakuk di sana. Jangan mengenakan celana pendek, kacamata hitam, jaket ataupun sandal jepit. Ada baiknya anda berpakaian rapi karean tempat tersebut adalah tempat yang sangat dihormati oleh orang orang suku Jawa pada umumnya.

Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional ini terletak di daerah Jepara dan merupakan salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi. Berjarak 83 km dari barat laut Jepara, pantai ini menawarkan pasir putih yang cantik serta garis pantai yang cukup panjang untuk anda nikmati. Banyak kegiatan wisata yang dapat anda lakukan di sekitar pantai ini seperti snorkeling, berenang hingga berjemur menikmati sinar matahari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585