Cara Paling Ampuh Memberantas Virus di Android Tanpa Antivirus, Cara Paling Ampuh Memberantas Virus di Android Tanpa Antivirus

Cara Paling Ampuh Memberantas Virus di Android Tanpa Antivirus
Ada yang bilang smartphone Android itu sangat anti dari virus, so? gak usah pasang antivirus lagian Android gak bakal kena virus, lalu ada versi lainnya, untuk pengguna smartphone Android yang sudah dalam keadaan root, katanya Android sudah dalam keadaan root mudah banget terkena virus berbahaya, lalu masih ada versi lainnya, bahwa smartphone Android dalam keadaan root tidak akan pernah menemui yang namanya virus, dan ini tetap berlanjut ke versi lainnya, terus versi siapa yang benar?


Yang jelas menurut saya sendiri yang namanya virus sudah pasti ada, tidak ada suatu system yang 100% terbukti dan terbilang aman, bahkan di smartphone Android sendiri pasti saja dapat anda temui, terutama jika anda sering memasang aplikasi-aplikasi aneh, yang tidak tahu rimbanya, hehe, nah biasanya dari aplikasi tersebut kasus yang sering saya temui, biasanya ada segelintir orang yang sengaja membuat aplikasi dan menyisipkan virus ke dalam aplikasi tersebut, dan dari situlah sumber virus tersebut.

Cara Paling Ampuh Memberantas Virus di Android Tanpa Antivirus

Virus sudah pasti berbahaya jika di biarkan, terutama virus seperti Spyware, Adware, Malware yang katanya sering di jumpai oleh para pengguna Android, dan dari virus-virus tersebut mempunyai pekerjaan masing-masing yang tentunya dalam hal perusakan, lalu apakah perlu menginstall antivirus di Android? pilihan ada di tangan kamu sob, jika memang penasaran ya silahkan di coba, namun di sini saya ada tips menghilangkan virus namun tanpa aplikasi antivirus, penasaran? langsung saja cekidot.

Cara Paling Ampuh Memberantas Virus di Android Tanpa Antivirus

Masuk ke Safe Mode.

Menggunakan Safe Mode di Android yaitu merupakan suatu proses menjalankan aplikasi inti dari sistem, saat anda menejalankan fitur Safe Mode semua aplikasi yang kamu pasang tidak akan terlihat, semuanya akan hilang namun tidak usah khawatir karena aplikasi tersebut tidak benar-benar hilang, hanya pada saat menjalankan mode aman saja aplikasi yang anda terpasang tidak akan terlihat.

Cara masuk ke Safe Mode tersebut berbeda-beda caranya, tidak semua perangkat sama, tapi biasanya cara masuk ke Safe Mode sendiri kebanyakan menggunakan kombinasi tombol power dan volume, tapi seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa setiap perangkat berbeda-beda jadi sebaiknya lakukan searching di google search dengan kata kunci “cara masuk ke safe mode *merk hp kamu”.

Lakukan Cek Aplikasi di Safe Mode.

Masuk ke “Settings – Apps” karena pada saat menjalankan Safe Mode anda tidak akan melihat aplikasi-aplikasi anda yang sudah terinstall, sedangkan yang namanya virus ini pasti mempengaruhi system perangkat, jadi jika memang kamu sebelumnya memasang aplikasi mencurigakan dan aplikasi tersebut disisipkan virus, maka aplikasi tersebut akan terlihat walaupun sedang mengakses Safe Mode.

Segera Hapus Aplikasi Mencurigakan.

Jika kamu memang menemukan aplikasi mencurigakan, yang dicurigai aplikasi yang disisipkan virus, maka yang perlu anda lakukan yaitu menghapus atau mengunnistall aplikasi tersebut, jangan di biarkan hinggap begitu lama, sebelum menyerang system-system dan melakukan perusakan.

Hapus Akses Administrator Dari Aplikasi Mencurigakan.

Jika anda menemui kasus seperti ini, misalnya anda menemui aplikasi yang mencurigakan tapi aplikasi tersebut tidak dapat di hapus, karena memiliki akses administarator, jangan panik karena anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi tersebut dengan mengaturnya di bagian pengaturan.

Caranya cukup mudah yaitu masuk ke “Settings – Security – Device Administrator” lalu hilangkan akses administrator dari aplikasi mencurigakan tersebut, selanjutnya kembali lagi ke “Settings – Apps” seharusnya dengan menyetel pengaturan seperti itu anda sudah dapat menghapusnya.

Sekarang, proses penghapusan virus tanpa antivirus sudah selesai dan aplikasi mencurigakan sudah hilang, mungkin dengan ini smartphone Android kamu akan tetap aman, selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu keluar dari Safe Mode dengan cara “Restart” atau “Reboot” seperti biasa.

Bagaimana? ribet apa sulit? tapi semoga saja dengan ini anda dapat dengan mudah menghapus virus dari perangkat Android kamu, walaupun aplikasi antivirus sekalipun tidak terpasang tapi kamu tetap bisa menghapusnya dengan memanfaatkan fitur Safe Mode yang sudah di sediakan oleh Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585