Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Lagu MP3 Di Android, Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Lagu MP3 Di Android

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Lagu MP3 Di Android

NGAWI DIAN – Solusi Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Musik MP3 Di Android. Kenapa Musik Player Android tidak bisa memutar lagu MP3? Pernahkah anda mengalami masalah semacam ini. Jika ya, maka sekarang anda pasti sedang kebingungan dan sedih karena tidak bisa memutar lagu favorit atau lagu kesukaan. Untuk mengatasi hal tersebut saya akan memberikan solusinya, tapi sebelumnya saya akan memberikan penjelasan secara singkat mengenai lagu yang tidak bisa diputar tersebut.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Musik MP3 Di Android

Baca : 8 Aplikasi Musik Android Terbaik Dan Gratis 
Setiap perangkat android pasti sudah dilengkapi dengan Aplikasi Musik Player. Dan aplikasi tersebut dapat melakukan scanning pada semua file Audio, baik pada Internal Card ataupun Eksternal Card (Micro SD). Informasi yang saya tahu bahwa aplikasi bawaan jarang sekali terjadi Error ataupun Rusak, kebanyakan aplikasi yang error yakni dari aplikasi tambahan yang anda install sendiri dari Google Play atau yang lainnya. 
Ada beberapa faktor penyebab yang membuat aplikasi musik player tidak bisa memutar file audio. Mungkin saja karena file lagu sudah terhapus atau hilang tetapi judul lagu tersebut masih terlihat pada daftar list musik player sehingga anda berfikir bahwa lagu tersebut masih ada, padahal sudah tidak ada. Ini disebabkan oleh file cache yang tidak dihapus, jadi seolah – olah file lagu masih ada. 
Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda melakukan perbaikan pada file lagu dan aplikasi musik player itu sendiri. Berikut tips dan penjelasannya.

Mengatasi Musik Player Android Yang Tidak Bisa Memutar Lagu

  1. Menghapus Cache Aplikasi. Menghapus cache aplikasi adalah cara pertama yang bisa anda lakukan. Terkadang file cache dapat membuat aplikasi menjadi error, misalnya muncul keterangan “No Media Found” padahal di Internal dan Ekternal card terdapat banyak file lagu. Untuk itulah anda perlu melakukan scanning pada aplikasi musik player, mungkin saja banyak terdapat file cache. Gunakan aplikasi CClenar, atau Clean Master untuk melakukan scanning dan membersihkan file cache tersebut.

    Baca : 6 Aplikasi Cleaner Untuk Android Terbaik Dan Terpopuler

  2. Bersihkan Data Aplikasi. Bersihkan data aplikasi dimasudkan agar aplikasi terlihat fresh dan lebih segar. Tapi sebelumnya anda harus tahu bahwa menghapus data aplikasi akan menghilangkah semua konfigurasi pengaturan seperti Playlist, Favorit, Equalizer dan lain fitur konfigurasi lainnya. Caranya, masuk pada menu Setting > Apps > cari aplikasi musik player yang biasa anda gunakan, kemudian klik Clear data, Clear cache, dan Force stop.
  3. Reboot Smartphone. Matikan smartphone Android anda, kemudian lepas Bateri, SIM Card, dan Micro SD. Diamkan beberapa saat agar tidak ada energy yang masuk pada smartphone itu sendiri. Setelah itu Pasang dan hidupkan kembali.
Sebagai alternatif, anda juga bisa menginstall musik player lainnya yang mungkin saja tidak terjadi error dan bisa memutar lagu MP3. Cobalah untuk mencari dan mengunduh aplikasi musik player melalui Google Play Store.
Baca Juga :
  • Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Apk di Android
  • Cara Convert Video MP4 ke MP3 di HP Android
  • Cara Mencari File Hilang di Memory Card Android
Itulah ulasan singkat mengenai  Cara Mengatasi Musik Player Yang Tidak Bisa Memutar Lagu MP3, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585