Cara Lindungi PC dari Serangan Hacker, Cara Lindungi PC dari Serangan Hacker

Cara Lindungi PC dari Serangan Hacker

Cara lindungi dan mengantisipasi serangan hacker – Halo sobat, pasti sudah tahu kan semua seberapa berbahaya jika perangkat elektronik kita seperti komputer atau laptop diserang atau di susupi oleh hacker. Dia bisa melihat, mengambil, bahkan merusak file atau apapun isi dari pc kita. Bukan hanya sebatas file, mereka pun dapat mencuri data-data password akun kita seperti akun ibanking, sosial media, dan lain sebagainya.
cara lindungi pc dari serangan hacker
Untuk mengantisipasi adanya serangan dari hacker atau cracker, maka berikut saya berikan beberapa cara atau tips untuk itu.
1. Pasang Antivirus
Pentingnya memasang antivirus, karena dengan antivirus maka mengantisipasi adanya virus dan file-file berbahaya lainnya masuk ke pc kita. Perlu diperhatikan juga, jumlah antivirus dalam satu pc usahakan satu saja, atau paling tidak maksimal dua. Gabungan antara antivirus lokal dan luar. Mengapa tidak boleh banyak antivirus ? Nanti mereka saling berebut untuk mematikan sebuah virus yang bisa menyebabkan crash bahkan bisa – bisa virus terebut tidak ditindak.

2. Update Antivirus Anda
Selain memasang atau menginstallnya, anda juga disarankan untuk sering mengupdate atau memperbaharui antivirus anda. Kenapa ? Karena semakin kesini, semakin banyak virus komputer yang muncul. Jadi developer antivirus sering melalukan pembaharuan dan penambahan fitur untuk menangkal virus-virus yang baru. Dengan mengupdate maka keamanan pc kita semakin terjamin.

3. Selalu Aktifkan Firewall
Seperti layaknya antifirus, firewall juga berfungsi untuk menangkal adanya aktivitas mencurigakan atau membahayakan pc kita, khususnya jika pc sudah terkoneksi internet. dengan adanya antivirus tapi firewall anda nonaktif, bisa saja ini menjadi celah hacker untuk masuk. Karena tidak semua antivirus bagus dalam menjaga keamanan di sektor internet.

4. Jangan Membuka File Mencurigakan
Pernahkah anda menapati file mencurigakan yang bisanya ikut kedownload ketika mendownload file di internet ? File mencurigakan yang dimaksud itu seperti file yang ukurannya sangat kecil, tanpa icon, atau aplikasi yang dikatakan bisa membobol facebook dan lainya ITU HOAX. bisa saja itu adalah trojan atau rat yang dapat memungkinkan pembuatnya dapat melihat, memonitori, mencuri, merusak file yang ada dalam pc anda.

Tapi kan sudah pasang antivirus ? sekarang ini, banyak hacker / cracker hebat, mereka bisa meng crypter virus mereka yang fungsinya agar tidak terdeteksi oleh antivirus. Makanya kalau mendapati file mencurigakan, JANGAN DIBUKA.

5. Rutin Scan PC Anda
Fungsinya untuk menganalisa lagi pc anda apakah mungkin ada virus, maleware, trojan, dll yang bersarang dalam pc anda. Scan bisa menggunakan antivirus dan antimaleware. Dan pastikan di setting untuk scan total system/full scan artinya di scan di semua disk dan sistem secara menyeluruh.

6. Waspada Jika Berinternet di Jaringan Umum
Jaringan umum yang dimaksud adalah seperti warnet dan wifi / hotspot yang berbasis umum contohnya seperti warkop yang menyediakan wifi dan tempat-tempat lainnya yang bukan hanya pengguna internetnya. Mengapa ? Karena berinternet dalam satu jaringan tidak aman sebab akses masuk hackerke pc anda lebih gampang. Sekarang marak terjadi adanya sniffing. Apa itu sniffing ? Singkatnya, sniffing itu memungkinkan seseorang dapat masuk atau memonitori kegiatan yang sedang berjalan di pc orang lain yang berada dalam satu jaringan internet.

Bagaimana supaya aman ?

sampai saat ini tindakam sniffing sulit dicegah dan belum ada solusi yang tepat untuk menangkalnya. karena jika anda terkena sniffing , anda tidak akan menyadarinya. tapi ada cara meminimalkan kerugian akibat tindakan sniffing.
– usahakan jangan membuka web membutuhkan akses privasi seperti e-banking, email, dan lainnya yang bisa merugikan anda jika data tersebut diketahui orang lain.

Demikian beberapa informasi untuk menjaga pc anda tetap aman dari serangan hacker. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585