2. kue nastar (gambiacastle)

Niat bikin kue sering tertunda hanya karena tidak ada oven? Hmmm, sudah saatnya Anda pergi ke dapur dan menjalankan niat Anda tersebut. Jangan khawatir, dengan menerapkan 5 tips dan cara membuat kue tanpa oven, Anda tetap bisa membuat kue yang lezat, lho. Mau tahu bagaimana tips dan caranya? Berikut 3 ulasannya.

  1. Mengocok Telur dengan Sempurna

Sudah banyak orang yang tahu jika telur merupakan salah satu bahan dasar kue yang bisa membuat kue jadi lebih enak, empuk, dan lembut. Telur memang bisa mengembangkan adonan karena berperan sebagai emulsifier alami untuk adonan. Tapi, Anda harus bisa mengocoknya dengan baik menggunakan mixer atau manual dengan sendok dan wire whisk.

Bagaimana menurut Anda bau telur itu? Cukup menyengat dan bisa membuat mual bukan? Nah, dengan pengocokkan yang baik dan sempurna, maka aroma dan rasa ‘telur’ pada kue bisa disamarkan. Jika tidak ingin menggunakan telur, Anda bisa menggunakan tahu sutera dan biji chia untuk dijadikan alternatif penggantinya.

  1. Menggunakan Bahan-Bahan Fresh

Lemari es atau kulkas memang sangat bisa diandalkan untuk menyimpan bahan makanan agar lebih awet dan tahan lama. Tapi, jika ingin membuat kue yang bisa mengembang dengan baik meski tanpa oven, maka gunakan bahan-bahan dengan suhu ruang. Bahan terbaiknya tentu saja yang masih fresh dan bahan-bahan bersuhu ruang.

Apalagi jika baru beli dan di toko atau pasarnya pun stok baru yang tidak disimpan di tempat berpendingin. Selain itu, bahan dengan suhu ruang lebih mudah untuk dicampur dengan bahan lainnya serta bisa cepat beradaptasi dengan suhu panas saat kue dimasak.

Bagaimana jika saat ingin bikin kue, tapi masih ada stok bahan telur, susu, mentega, soda kue, dan lainnya di kulkas? Sebaiknya segera Anda keluarkan dan tunggu sampai suhunya normal seperti suhu ruangan pada umumnya, yaitu 250C.

  1. Memanaskan Alat untuk Memasak

Panci pengukus, teflon, cetakan kue, atau alat apapun lainnya yang Anda gunakan untuk memanggang kue, sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu. Tips terakhir ini bisa Anda lakukan dengan cara mengisi panci dengan air. Selanjutnya, panaskan panci tersebut dengan api sedang, tutup, lalu tunggu sampai mendidih.

Setelah itu, kecilkan api kompor karena jika terlalu panas, maka kue yang akan dihasilkan  menjadi bergelombang serta mudah kempis, sedangkan jika terlalu dingin atau bahkan tidak dipanaskan, maka bisa membat kue manjadi bantat.

Umumnya, alat yang digunakan dalam menerapkan tips dan cara membuat kue tanpa oven dipanaskan dengan api kecil dan stabil seperi oven. Jadi, keberadaan kompor gas serta pengukus dari penanak nasi listrik cocok untuk dijadikan alat membuat kue alternatif selain oven. Tujuannya agar bagian dalam kue tetap matang meski permukaannya tidak gosong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585