8 Tips Memudahkan Blog Anda Diterima Google Adsense, 8 Tips Memudahkan Blog Anda Diterima Google Adsense

8 Tips Memudahkan Blog Anda Diterima Google Adsense

Sebenarnya banyak yang sudah membahas tentang tips bagaimana mendaftarkan blog agar bisa diterima oleh google adsense. Ya sampai saat ini Google adsense masih menjadi alternatif program periklanan yang paling banyak diminati oleh para blogger atau pemilik website karena program periklanan ini merupakan yang terbaik, terpercaya, terbukti, harga per klik yang relatif lebih tinggi dari program jaringan iklan lain, iklan yang relevan sesuai konten blog, pembayaran yang selalu tepat waktu dan tentunya banyak lagi kelebihan lain. Sehingga tidak salah jika program periklanan yang satu ini banyak digemari oleh blog /web owner untuk memonetize atau menghasilkan uang dari blog yang mereka kelola.

 Tips Memudahkan Blog Anda Diterima Google Adsense

Namun ada kendala yang sering dikeluhkan oleh para blogger alasannya yang cukup klasik yaitu alasan sulitnya diterima menjadi publisher program jaringan periklanan Google adsense. Dan saya juga pernah dulu sempat mengeluh dan sempat hampir putus asa mendaftarkan blog saya (bukan blog ini), kalau yang lain 3-4 kali ditolak lalu berhasil diterima kalau saya sampai 10 kali ditolak oleh Google dan baru ke 11 kalinya saya mendaftar baru diterima, cukup banyak kan hehehehehe…intinya jangan putus asa dan selalu mengelola blog anda dengan lebih baik lagi ke depannya agar memudahkan blog anda diterima oleh Google adsense. Anda tahu setiap alasan yang dikirimkan Google selalu saja sama yaitu blog tidak sesuai dengan ketentuan dan syart layanan dari Google, namun tidak menjelaskan secara terperinci kenapa blog kita ditolak.

Tips Memudahkan Blog Anda Diterima Google Adsense
Nah kali ini saya akan membahas hal itu satu persatu agar blog atau website mudah diterima saat mendaftar Google adsense. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu anda untuk mengecek kualitas blog anda apakah layak atau belum layak menjadi publisher Google adsense:

Pastikan blog anda sudah terdaftar
– Terdafatar di mesin pencari (Google, Yahoo, Bing)
– Terdaftar di Webmaster (Webmaster Google, Yahoo, Bing) (update bing dan yahoo sekarang menjadi 1 websmaster)

Pastikan Blog anda memiliki 2 Site map
– Site map pada halaman blog (daftar isi/)
– Sitemap pada webmaster (sitemap xml)

Usia blog sesuai dengan ketentuan
Google mensyaratkan untuk beberapa negara tertentu seperti china, india dan pakistan untuk mendaftarkan blog mereka ke Google adsense minimal berusia 6 bulan. Hal ini untuk memastikan dalam jangka usia tersebut diharapkan blog anda sudah berisi banyak konten yang berkualitas dan bermanfaat, kaya pengunjung, memiliki banyak keyword yang relevan dengan iklan Google dan tentu saja blog anda sudah siap dan layak menjadi publisher Google Adsense.

Mudah dinavigasi dan memiliki halaman pendukung
– Memiliki navigasi yang memudahkan pengunjung berselancar di seluruh halaman blog anda
– Memiliki halaman pendukung (Daftar isi, syarat dan ketentuan, kontak)
– Memiliki widget pendukung yang memudahkan pengguna menggunakan blog anda (sebagai contoh breadcrumb, popular post, artikel terkait, posting terbaru dll)

Template blog SEO friendly
– Template blog ringan/ tidak memakan banyak waktu untuk meloading halaman (fast load)
– Heading tag yang benar (H1, H2, H3, H4, H5 dst)
– Tidak menggunakan banyak script atau widget yang memberatkan blog dan menyulitkan perayapan mesin pencari untuk mengcrawling keseluruhan blog anda.
– Tempalte blog sederhana
– Tata letak widget maupun halaman yang rapi dan teratur

Seluruh konten tidak melanggar hak cipta
– Konten artikel harus original dan unik (jika kebanyakan copy paste lupakan untuk mendaftar Google adsense)
– Artikel berkualitas dan menarik pembaca
– Gambar tidak berhak cipta (solusinya gunakan gambar sendiri atau mengambil gambar yang bebas lisensi)

Blog kaya konten & pengunjung
-Pastikan blog memiliki banyak artikel (tidak diketahui secara pasti berapa artikel yang harus dipunyai untuk didaftarkan di Google adsense, menurut beberapa pakar SEO setidaknya blog harus memiliki setidaknya 60 artikel sebelum mendaftar google adsense)
– Memiliki banyak pengunjung
– Memiliki banyak trafik (lebih diutamakan trafik organik)

Niche atau Tema blog sesuai dengan ketentuan
Niche atau tema blog yang akan anda daftarkan tidak boleh berisi tentang:
– Konten dewasa
– Perjudian
– Penjualan miras, narkotika, senjata
– Rasis
– Direct
– Dll

Nah anda bisa mengecek kembali apakah blog anda sudah sesuai dengan kriteria diatas, saya yakin jika blog anda sesuai dengan kriteria diatas maka kemungkinan blog atau web anda mudah untuk didaftarkan ke Google adsense. Jika ada pertanyaan, masukan, saran atau kesulitan silahkan berkomentar di form komentar yang telah disediakan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585