monas-kristian-cunks

liburanjakarta.web.id

Saat hujan begini rasanya memang jadi malas untuk pergi kemana-mana termasuk untuk mengajak anak-anak liburan. Tapi jangan juga sampai mengecewakan anak-anak, gara-gara musim hujan. Minimal ajaklah anak-anak staycation dengan memilih hotel murah di Jakarta.

Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi meskipun pada masa musim hujan. Beberapa tempat tersebut Contohnya seperti Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan. Jakarta Aquarium. Monumen Nasional, dan Sowbay Waterpark.

Meskipun kita tergoda untuk membeli tiket pesawat ketika ada promo penerbangan murah ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk mengenalkan anak-anak, wisata di daerah ibukota Jakarta. Berikut adalah tips berwisata ke Jakarta dengan anak.

  1. Pilih kendaraan pribadi atau transportasi umum

Sebagai ibukota negara, Jakarta memang memiliki akses transportasi yang lebih lengkap dan pilihan yang lebih beragam. Kamu bisa menggunakan Transjakarta, Commuter Line atau bahkan memanfaatkan transportasi online yang kini sudah menjadi bagian hidup dari para komuter di Jakarta.

Akses tol pun sangat banyak baik dari utara, selatan apalagi dari timur dan barat. Namun yang harus diingat adalah kini transaksi di tol sekitar Jakarta sudah tidak bisa menggunakan uang tunai. Jadi, pastikan kamu memiliki kartu non tunai dan isi saldo terlebih dahulu agar bisa digunakan pada saat masuk melalui pintu tol.

Jika menggunakan kendaraan pribadi saat tengah pembangunan seperti ini, pastikan menggunakan supir cadangan dari keluarga sendiri agar lebih enak. JIka sudah menggunakan supir sendiri tak masalah. Yang penting sebagai penumpang kamu pun harus sabar karena beberapa ruas memang sedang dilakukan pembangunan LRT dan MRT agar mengejar bisa digunakan dan difungsikan pada tahun 2019.

  1. Pilih Tempat Wisata Indoor atau Outdoor

Jika ingin mengunjungi banyak tempat wisata dalam satu hari di Jakarta salah satu yang direkomendasikan misalnya di Ancol atau Taman Mini Indonesia Indah yang punya banyak tempat wisata dan wahana. Biasanya kedua tempat ini selalu ramai pada saat musim liburan. Meskipun sedang musim hujan biasanya kunjungan wisatawan ke kedua tempat ini tidak terlalu berpengaruh karena masing-masing punya tempat wisata baru yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta maupun dari luar daerah Jakarta.

Pilihan tempat wisata Indoor di Jakarta cukup beragam. Misalanya Jakarta Aquarium di Neo Soho Mal yang sudah terintegrasi dengan pusat perbelanjaa. Jadi, orang tua juga masih tetap bisa berbelanja atau sekadar melihat-lihat di pusat perbelanjaan daerah Jakarta barat ini.

Pilihan lain misalnya berwisata ke beberapa museum kekinian seperti museum macan atau tetap yang menjadi primadona di Jakarta adalah mengunjungi Monumen Nasional, tempat wisata murah di Jakarta Kebun Binatang Ragunan dan wisata religi ke Masjid Istiqlal sambil mencari kuliner tempo dulu di daerah Kota Tua Jakarta.

  1. Datang Lebih Pagi

Jika tidak ingin terjebak kemacetan, minimal sudah berada di Jakarta pada pagi hari terutama yang berasal dari kota satelit seperti Bekasi, Bogor dan Tangerang. Apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi yang tidak bisa diprediksikan kapan terjadi kemacatan dan kapan terjadi hambatan di jalan misalnya karena ada mobil mogok atau terhambat karena ada pekerjaan jalan jelang tutup tahun.

Pastikan memiliki perencanaan kapan harus berangkat, kapan harus meninggalkan tempat wisata kapan harus beristirahat untuk melepas lelah atau untuk sekadar mengisi perut bersama anak-anak.

Pada saat siang hari, waktu yang biasanya digunakan oleh anak-anak untuk tidur siang bisa digunakan untuk istirahaat sesaat. Misalnya makan bersama sambil menunggu matahari sedikit turun agar anak-anak tidak bermain dalam kondisi panas sangat terik.

  1. Bawa botol minum dan Air minum cadangan di kendaraan

Botol minum sangat penting apalagi jika berwisata ke Jakarta dengan udara yang panas. Usahakan untuk tidak terlalu banyak beraktifitas di luar ruangan pada saat siang hari pada jam 12 siang. Pastikan anak-anak tidak kekurangan cairan dan tidak mengalami dehidrasi saat berwisata di Jakarta.

Siapkan juga air minum cadangan di dalam kendaraan untuk persiapan dan bekal tambahan terutama jika sedang terjebak kemacetan. Kemacetan kadang-kadang tidak bisa diprediksi. Agar tidak kesulitan mendapatkan air, jadi sebaiknya siapkan air minum cadangan. Bahkan bisa juga membawa cooler box sehingga bisa tersedia minuman dingin di saat suasana udara yang terik dan panas.

  1. Booking Lebih Awal

Jika berencana menghabiskan waktu di Jakarta lebih lama lagi, pastikan untuk melakukan booking hotel lebih awal minimal 30 hari sebelumnya. Rencanakan liburan kamu dengan matang, apalagi jika membawa anak-anak.

Pastikan memilih hotel yang memiliki fasilitas kolam renang yang cocok buat anak-anak meskipun kamu memilih hotel murah di Jakarta. Saat siang dan malam hari kamu bisa mengajak anak-anak makan di luar mencari makanan khas Jakarta seperti nasi uduk kebon kacang, semur jengkol atau kuliner khas dari daerah lainnya di Jakarta, Ada banyak pilihan kuliner khas di Jakarta yang menjadi tempat tinggal dari berbagai suku, daerah dan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585