7 Penyebab Sering Sakit Punggung, 7 Penyebab Sering Sakit Punggung

7 Penyebab Sering Sakit Punggung
7 Penyebab Sering Sakit Punggung-Nyeri punggung akan membuat kegiatan sehari-hari anda terganggu. Selain menyebabkan sakit punggung dan tubuh terasa tidak nyaman, kondisi ini akan mengganggu postur tubuh anda sehingga badan terasa sakit ketika digerakkan. Bayangkan saja, yang biasanya mengerjakan pekerjaan dengan cepat tetapi dengan adanya punggung yang sakit membuat beberapa pekerjaan anda terlantar sehingga tidak produktif lagi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit punggung. Dan tanpa disadari, kita melakukan kebiasaan tersebut setiap hari, mungkin kebiasaan tersebut yang menjadi penyebab sakit punggung.

Dibawah ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan nyeri punggung, yaitu:

1. Sering membawa beban yang lebih
Seseorang yang memiliki pekerjaan untuk mengangkat barang yang berat seperti kuli panggul akan lebih mudah mengalami sakit punggung. Selain itu, sering membawa tas yang memiliki beban yang berlebih akan mempengaruhi tulang belakang, sehingga tubuh menjadi tidak seimbang adan bisa menyebabkan punggung anda sakit. Jadi, cobalah untuk tidak membawa terlalu berat ransel atau tas. Berat tas yang ideal untuk dibawa yaitu 10% dari berat badan Anda

7 Penyebab Sering Sakit Punggung

2. Sering marah
Dari sebuah studi di salah satu universitas menemukan bahwa kemarahan dan kebencian dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang dan bahkan dapat menimbulkan rasa sakit pada fisik. Emosi yang meledak-ledak dapat membuat otot-otot menjadi tegang dan langsung menyebabkan rasa sakit / nyeri di bagian-bagian tertentu dari tubuh, termasuk tulang belakang. Selain itu, kemarahan tidak sehat untuk psikologis anda.

3. Sepatu hak tinggi
Bagi seorang wanita memakai sepatu hak tinggi adalah suatu kebanggaan agar terlihat lebih tinggi dan cantik. Meskipun sepatu hak tinggi bisa menunjang penampilan seorang wanita. Namun, penggunaan high heels yang terlalu tinggi dan sering dapat menyebabkan sakit punggung dan memberikan pada otot lutut dan pergelangan kaki menjadi tegang karena tekanan yang berlebih.

4. Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama di depan layar komputer maupun televisi dapat menyebabkan nyeri pada punggung anda, ini dikarenakan kurangnya gerak dan otot menjadi kaku dan tegang. Jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk untuk dalam jangka waktu yang panjang, pastikan posisi duduk anda benar, yaitu tidak terlalu tinggi, tidak terlalu melengkung (membungkuk).

5. Kurang berolahraga
Olahraga dapat memperkuat otot, hal ini berguna untuk membuat otot-otot pada tubuh tidak kaku. Jika kurang olahraga, kekuatan otot akan menjadi lemah dan kendur pada tulang belakang. Melakukan peregangan adalah cara terbaik untuk meringankan sakit punggung.

6. Makanan junk food
Junk food umumnya tinggi kalori, tetapi nilai gizi sangat rendah, sehingga bisa menyebabkan kegemukan. Berat badan biasanya menumpuk di belakang. berat badan yang berlebih dapat menyebabkan nyeri pada punggung. Selain itu, orang gemuk juga memiliki potensi besar untuk osteoporosis.

Baca Juga: 8 Penyebab Rusaknya Ginjal

7. Tempat tidur yang keras
Tempat tidur menjadi salah satu penyebab sakit pada punggung anda. Tempat tidur yang keras membuat tubuh sakit apabila berpindah posisi tidur. Untuk itu pilihlah kasur yang tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Selain itu, pastikan kelengkungan tulang belakang anda tidak kaku.

Demikian 7 penyebab sakit pada punggung anda, semoga dengan menghindari 7 hal tersebut sakit punggung tidak menghampiri anda lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585