6 Cara Mengetahui Password File Rar Zip (Saya Tidak Jamin), 6 Cara Mengetahui Password File Rar Zip (Saya Tidak Jamin)

6 Cara Mengetahui Password File Rar Zip (Saya Tidak Jamin)

File yang berekstensi *.rar dan *.zip adala jenis file yang merupakan hasil kompres dari beberapa file. File kompres ini umumnya digunakan untuk menggabungkan beberapa file hingga menjadi satu. Tujuannya sendiri pasti berbeda-beda tergantung dari si pemilik file kompres tersebut. Adapun tujuan umumnya adalah supaya file kompres tersebut menjadi praktis dan enggak ribet ketika mau ditransfer atau dipindahin ke media lain, misalnya kirim ke flashdisk, komputer lain, smartphone atau hosting website.
Masih terkait dengan file kompres. File ini sebenarnya tidak hanya bisa menggabungkan beberapa file hingga menjadi satu, tapi lebih dari itu. Beberapa tipe file kompres seperi ZIP dan RAR juga memiliki kemampuan dalam mengenkripsi alias mengamankan file yang ada didalamnya. Isi file yang terkandung dalam file kompres dilindungi dengan cara memberikan kata sandi alias password keamanan.
Kata sandi ini sengaja dibuat oleh si pengkompres file kompres tersebut. Tujuannya sendiri adalah agar isi file kompresnya terlindungi dan tidak bocor atau dicuri oleh sembarang orang. Kendati demikian, kadang ada pula beberapa orang yang pernah merasakan kesulitan dalam mengekstrak atau membuka isi file kompres yang telah berjam-jam ia download. Pastinya kamu bakal merasa kesal dan rugi di mana kamu telah kehilangan kuota internet dan waktu yang tidak sedikit.
Siapapun akan merasa kesal akan hal ini. Ia akan merasa tertipu dan terbodohi oleh orang yang memberikan file kompres tersebut baik secara transfer (kirim) langsung ataupun melalui situs website. Meski begitu, Anda jangan kesal terlebih dahulu, pasalnya masih ada beberapa cara untuk mengetahui kata sandi alias password-nya. Ada beberapa caranya, berikut ini adalah ulasan bagaimana cara melihat password file kompres rar dan zip.

1. Melihat Website Download

Jika Anda mendapatkan file kompres dari suatu blog, website atau situs share file, maka masih ada kemungkinan bagi Anda untuk mengetahui password-nya. Caranya sendiri ialah dengan melihat dengan jeli dan cermat website/blog penyedia file tersebut. Perhatikan dari atas sampai bawah situs penyedianya, umumnya penyedia website/blog telah memberikan password, akan tetapi karena banyak pengunjung yang asal download tanpa membaca, alhasil ia tidak mengetahui password-nya. Oleh karenanya, selalulah membaca artikel terkait sebelum mendownloadnya. Ini tidak hanya akan menambah wawasan Anda, tetapi juga akan dimungkinkan untuk mendapatkan password alias kata sandi terkait file kompres yang mereka sediakan.

2. Membuka File Kompres Tersebut

Mungkin, ada beberapa diantara kita yang lebih terbiasa mengekstrak langsung file komres tanpa membukanya. Memang tidak masalah, karena hal tersebut justru lebih praktis dan efisien dalam menghemat waktu kita. Namun begitu, tetap saja hal tersebut ada kekurangan yaitu adalah, bisa saja Anda tidak akan tahu apa password dari file kompres tersebut. Ya, faktanya meski sebuah file kompres di enkripsi password namun tetap saja ia masih bisa dibuka. Cara membukanya, sangat gampang dan mudah yaitu dengan mengkliknya dua kali sebagaimana kamu mengklik shortcut software. Sebelumnya itu, Anda harus mempunyai software ekstraktor file kompres seperti winrar, 7-zip dan sebagainya.

3. Gunakan Nama Website

Setelah melihat dari atas sampai bawah tetapi tidak menemukan password, maka cara lain yang harus Anda terapkan adalah dengan memanfaatkan alamat alias url website/blog yang menyediakan file kompres tersebut. Artinya, Anda bisa mencoba menggunakan alamat url sebuah website yang menyediakan file terkait sebagai kata sandinya. Jika misalkan alamat websitenya adalah wwww.contoh.com, maka jadikan wwww.contoh.com sebagai password-nya. Jika tidak berhasil coba rombak menjadi seperti salah satu berikut, contoh.com, http://contoh.com, https://contoh.com, https://www.contoh.com, http://www.contoh.com, contohdotcom dan sebagainya.

4. Gunakan Nama Penulisnya

Jika cara kedua tidak berhasil juga, maka coba untuk memasukkan nama si penulis website terkait. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat pada bagian auhor (bisa awal artikel dan akhirnya).

5. Tanya Admin/Penulis

Biasanya hampir setiap website/blog menyediakan fasilitas komentar, contact us, sosial media (Facebook dan twitter). Nah, jika Anda sedang bingung dengan apa password file kompres terkait maka bisa ditanyakan pada fasilitas tersebut.

6. Menggunakan Software Bisa Enggak Ya?

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sendiri pernah mencoba ingin membuka file rar dan zip yang terenkripsi password dengan memanfaatkan software tertentu. Adapun semua pengalaman yang pernah saya lakukan, tidak pernah membuahkan hasil sedikit pun. Dengan kata lain password yang saya cari tidak ditemukan juga. Hal ini mungkin karena waktu itu saya merasa bosan karena softwarenya bekerja dengan sangat lama sekali hingga bermenit-menit dan itu pun belum bisa dipastikan kalau password-nya bisa ketemu. Jadi, saya pun menyerah menggunakan cara ini. Alasannya tentu adalah karena prosesnya yang lambat dan softwarenya hanya tersedia di versi trial dan setelah masanya habis maka saya dipaksa untuk membelinya jika ingin terus menggunakannya kembali.
Itulah tutorial atau cara mengetahui password file rar atau zip. Adapun tutorial ini tak sepenuhnya menjamin Anda untuk bisa menemukan password yang ingin di cari. Kenapa demikian? Karena jika password mudah ditemukan, maka untuk apa fitur keamanan (pemberian password) masih disertakan dalam software kompres file seperti winrar, 7-zip dan sebagainya. Jika fitur enkripsi keamanan mudah dibajak, maka apa artinya fitur tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585