5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Android, 5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Android

5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Android

NGAWI DIAN – Tips Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, Force Close di Android. Pernahkah anda mengalami Force Close Aplikasi secara tiba – tiba? Jika ya, pastinya anda merasa sangat kesal sekali, apalagi hal tersebut terjadi di saat serunya bermain game. Entah kenapa itu bisa terjadi, tapi hal itulah yang menjadi tanda tanya para pengguna android di Indonesia.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Baca : Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Tiba – Tiba Berhenti, Force Close
Untuk mengatasi hal tersebut, sebelumnya saya juga ingin berbagi pengalaman karena saya juga pernah mengalaminya. Beberapa hari yang lalu, saya membuka aplikasi BBM dan saat itu koneksi Internet saya sangat lemot yang pada akhirnya Aplikasi BBM memberikan pesan Pop Up bertuliskan “Sayangnya, BBM Telah berhenti”. Dan di lain waktu juga aplikasi Google Play Store juga mengalami hal yang sama yakni muncul pesan betuliskan “Sayangnya, Google Play Store telah berhenti”. 
Saya sendiri juga bingung, kenapa bisa terjadi semacam itu. Apa hanya dari koneksi internet yang lemot menyebabkan aplikasi berhenti? Tentu tidak, pasti ada masalah lain yang membuat aplikasi tersebut berhenti tiba – tiba. Ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi tersebut berhenti tiba – tiba. Dan berikut penyebabnya.

4 Penyebab Aplikasi Android Berhenti Tiba – Tiba

  1. RAM Android Penuh. Smartphone saya sendiri memang memiliki kapasitas RAM yang tidak begitu besar, hanya 512 MB. Inilah yang menyebabkan Aplikasi terkadang sering kali “Force Close” secara tiba – tiba. RAM Android saya memiki kapasitas yang besar, tapi juga mengalami Force Close? RAM yang besar juga dapat mengalami masalah yang sama, hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di balik layar background.
  2. File Cache Yang Menumpuk. File cache atau file sementara yang tidak pernah dihapus dapat mengakibatkan aplikasi serasa berat dan lemot. Dari lemot tersebutlah mengakibatkan aplikasi menutup secara tiba – tiba. 

    Baca : Cara Membersihkan Cache Memori Di Ponsel Android 

  3. Koneksi Internet Lemot atau Putus. Seperti halnya game online atau streaming video tentunya membutuhkan koneksi internet yang cepat. Dan apabila koneksi Internet seperti keong maka dapat menyebabkan Aplikasi berhenti secara tiba – tiba. Saya sendiri juga pernah mengalami masalah yang sama.  

    Baca : Cara Meningkatkan Sinyal Android Yang Kurang Bagus 

  4. Aplikasi Kurang Begitu Kompatibel. Aplikasi yang kurang begitu kompatibel atau aplikasi yang tidak cocok dari Segi sistem dan hardware android dapat menyebabkan aplikasi error atau berhenti tiba – tiba. Misalnya aplikasi A hanya kompatibel pada Android versi Lollipop (5.0) kemudian anda paksa untuk install pada Android versi kitkat (4.4) maka terjadilah penolakan dari sistem android yang mengakibatkan aplikasi sering error, berhenti tiba – tiba, tidak bisa dibuka, dst.
Dari 4 penyebab diatas, apakah ada satu hal yang pernah anda alami? Jika ya, cobalah untuk mengatasinya dengan menyimak tips – tips berikut ini.

5 Tips Mengatasi Aplikasi Android Berhenti Secara Tiba – Tiba

  1. Hapus Cache Aplikasi. Solusi pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus cache semua aplikasi Android. Gunakan aplikasi Clean Master, CClenar, atau aplikasi semacamnya. Aplikasi – Aplikasi tersebut dapat menghapus tumpukan cache Android dengan mudah dan cepat. Dan Apabila file cache android telah anda bersihkan. Cobalah untuk restart dan buka aplikasi yang error tersebut, semoga nantinya tidak terjadi masalah lagi.

    Baca : 6 Aplikasi Cleaner Untuk Android Terbaik Dan Terpopuler

  2. Paksa Aplikasi Untuk Berhenti. Apabila aplikasi yang anda buka memberikan pesan beruliskan “Force Close”, sebaiknya paksa untuk berhenti aplikasi tersebut. Caranya, masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » cari dan pilih aplikasi yang error tersebut. Di bagian tersebut anda pasti melihat info dari aplikasi tersebut. Pilih “Paksa Berhenti” agar aplikasi benar – benar berhenti dan tidak berjalan di belakang layar background.
  3. Hapus Data Aplikasi (Tidak Di Rekomendasikan). Sebenarnya cara ini sangat beresiko karena nantinya data – data konfigurasi dari aplikasi tersebut akan hilang. Misalnya saja yang error adalah aplikasi BBM, dan apabila anda menghapus data aplikasi BBM maka semua chat akan hilang dan nantinya anda harus Log in kembali. Jika anda benari caranya, masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » cari dan pilih aplikasi yang error atau force close. Kemudian pilih “Hapus data” untuk menghapus data aplikasi. Selanjutnya cobalah untuk membuka aplikasi tersebut, semoga nantinya terjadi terjadi masalah lagi.
  4. Update Aplikasi. Jika aplikasi yang anda miliki versi jadul atau versi kawak, sebaiknya update aplikasi tersebut agar nantinya bugs (kerusakan) bisa hilang dan teratasi dengan baik. 
  5. Install Ulang Aplikasi. Jika sebelumnya anda menggunakan file Apk untuk menginstall, sebaiknya install ulang lagi. Mungkin saja ada beberapa data aplikasi yang hilang atau rusak. 
Baca Juga :
  • Terbaru! Cara Nelpon Gratis Lewat Bluetooth di Android
  • Tips Cara Mengatasi Kamera Android Error, Tidak Dapat Terhubung
  • Tips Jitu Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka
Itulah beberapa Tips Mengatasi Mengatasi Aplikasi Android Force Close Tiba – Tiba, semoga dapat bermanfaat untuk semuanya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585