4 Cara Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti di Android (Samsung), 4 Cara Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti di Android (Samsung)

4 Cara Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti di Android (Samsung)

NGAWI DIAN – Solusi Ampuh Cara Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti di HP Samsung. TouchWiz merupakan sistem Antarmuka (Interface) bawaan Samsung yang memiliki fungsi sangat vital dalam menjalankan (mengoperasikan) sebuah Smartphone. Fitur TouchWiz hanya tersedia pada Perangkat Android merek Samsung. Jika diartikan lebih sederhana TouchWiz merupakan aplikasi launcher bawaan smartphone Android merek Samsung.

Touchwiz Depan Terhenti

Baca Juga :
  • 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti” di Android
  • 2 Cara Mengatasi “Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti” di Android

TouchWiz Samsung yang berhenti secara tiba – tiba biasanya muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, TouchWiz Depan Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Touchwiz Home Has Stopped”. Masalah TouchWiz yang error tersebut tentunya menghambat aktifitas harian anda di Android. Mungkin anda merasa terganggu karena pesan error tersebut terus muncul. Terlebih biasanya setelah pesan error muncul, layar android akan Blank (Berwarna Hitam). 
Lalu, Apa Penyebab Yang Membuat Touchwiz Depan Terhenti? Penyebab mengenai masalah tersebut biasanya terjadi karena kesalahan instalasi pada Aplikasi tertentu, Tumpukan cache Android yang berlebihan dan membuat Android berat, banyaknya aplikasi yang berjalan dan membuat Memori RAM penuh, dan terlalu tergesa – gesa dalam menyentuh layar Android. 

Cara Mengatasi TouchWiz Depan Terhenti Secara Tiba – Tiba

Mengenai permasalah TouchWiz depan yang terhenti tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Metode yang saya berikan memang belum sepenuhnya bisa membuat Android anda normal kembali, Namun alangkah lebih baiknya anda coba dahulu dan lihatlah hasilnya.

Metode 1 : Hentikan Dan Hapus Data TouchWiz Home 

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghentikan Aplikasi TouchWiz secara paksa dan menghapus data dari TouchWiz itu sendiri. Cara ini akan membuat Aplikasi TouchWiz kembali pada posisi default dan semua data seperti basis data, cache, dan history akan hilang secara permanen. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam mengatasi TouchWiz depan yang terhenti. Berikut langkah – langkah membersihkan data TouchWiz home di HP Android (Samsung).
  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Touchwiz Home, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”. 
Baca : Cara Menghentikan Aplikasi Android Secara Paksa

Metode 2 : Install Aplikasi Launcher

Metode kedua yang bisa anda lakukan yakni dengan menginstall Aplikasi Launcher yang mendukung fitur TouchWiz. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam mengatasi TouchWiz depan yang terhenti. Ada banyak aplikasi Launcher yang bisa anda gunakan secara gratis seperti S Launcher, Galaxy Launcher, GO Launcher, S Launcher for Galaxy TouchWiz, TouchWiz Killer, dan lainnya. 
Jika Android anda tidak bisa download dari Google Play Store, anda bisa langsung download dari komputer dan dihubungkan dengan Android.

Baca : 16 Aplikasi Launcher Android Terbaik, Gratis, Dan Paling Ringan

Metode 3 : Reboot Smartphone Android Anda

Setelah berhasil memebersihkan data TouchWiz atau menginstall Aplikasi Launcher, langkah selanjutnya anda matikan Smartphone Samsung Android selama beberapa saat. Cabut baterai, SIM Card, dan SD Card. Diamkan selama beberapa saat kemudian pasang dan nyalakan kembali Android Anda.

Metode 4 : Factory Reset Android

Apabila semua cara diatas tidak berhasil sama sekali maka cobalah untuk reset Android. Cara ini akan membuat HP Android kembali ke setelan awal/ pengaturan pabrik. Tapi sebelum melakukan cara ini pastikan anda telah membackup semua data Android ke komputer atau Laptop. Untuk melakukan reset, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Buka Menu Pengaturan » Pilih Akun » klik menu “Cadangkan Dan Reset”.
Baca : Cara Mengembalikan Android Ke Setelan Pabrik/ Factory Riset
Dengan menerapkan langkah – langkah diatas, semoga nantinya Android anda bisa normal kembali dan tidak muncul pesan error yang bertuliskan TouchWiz telah berhenti. Saran dari saya, agar Android anda tidak sering terjadi LAG, Lemot, dan Error, cobalah untuk menginstall aplikasi cleaner seperti CCleaner, Clean Master, 1 Tap Cleaner, CM Security, dan lainnya. Aplikasi semacam itu mampu membersihkan android dari file cache dan malware jahat.
Baca Juga :
  • 5 Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” di Android
  • Hati – Hati! Ini Dia Bahaya Saat Bermain Pokemon Go
Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya Touchwiz Depan Telah Berhenti” Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX583F683C10585